Stand-5

KURIKULUM, PEMBELAJARAN, & SUASANA AKADEMIK


5.1  Kurikulum
  • Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
  • Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.


5.1.1  Kompetensi
Uraikan secara ringkas kompetensi lulusan (kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya).




           Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.

5.1.2  Struktur Kurikulum

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

5.1.2.1 Jelaskan struktur kurikulum (perkuliahan, tugas-tugas khusus, penelitian tesis, penulisan hasil penelitian tesis) serta keterkaitan di antaranya, serta lengkapi tabel di bawah ini.








Tuliskan struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:
Smt
Kode MK
Nama Mata Kuliah(1)
Bobot SKS
 SKS MK dalam Kurikulum
Kelengkapan(3)
Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti(2)
Insti-tusional
Deskripsi
Silabus
SAP
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
I





























II





























Dst









Total SKS


















(1) Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)
(2)  Menurut rujukan peer group / Kepmendiknas 045/U/2002 (ps. 3 ayat 2e)
(3)  Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP.  Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.


5.1.2.2   Tuliskan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:

Semester
Kode MK
Nama MK (pilihan)
Bobot SKS
Unit/ Jur/ Fak Pengelola
(1)
(2)
(3)
(4)
(6)















Total SKS



5.1.3  Peninjauan Kurikulum dalam Lima Tahun Terakhir
  Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam   
   proses peninjauan tersebut. 




   
Tuliskan hasil peninjauan kurikulum mengikuti format tabel berikut.
No.
No. MK
Nama MK
MK
Baru/
Lama/Hapus
Perubahan pada
Alasan Peninjauan
Atas Usulan/ Masukan  dari
Berlaku Mulai Sem./Th.
Silabus/SAP
Buku Ajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)





























5.2 Persyaratan Mengikuti Pendidikan Magister, Proses Pelaksanaan dan Persyaratan Kelulusannya.

5.2.1      Jelaskan persyaratan mukim (residency requirement), pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.




5.2.2      Jelaskan persyaratan penguasaan bahasa Inggris. Untuk penguasaan bahasa Inggris digunakan standar TOEFL.




5.2.3      Jelaskan persyaratan perkuliahan dan ujian mata kuliah yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya.  Berikan pula penjelasan tentang pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.








5.2.4    Jelaskan cara penyajian dan penilaian rencana penelitian tesis.





5.2.5    Jelaskan peraturan tentang kewajiban penyajian hasil penelitian tesis dalam seminar (internasional, nasional, wilayah, lokal PT) serta pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.





5.2.6    Jelaskan sistem penjaminan mutu tesis, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.




5.2.7    Jelaskan peraturan tentang keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi magister, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.





5.3    Pelaksanaan Proses pembelajaran
Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.
Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.
Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

5.3.1   Mekanisme Monitoring Perkuliahan
Jelaskan mekanisme untuk memonitor perkuliahan, antara lain kehadiran dosen dan mahasiswa, serta materi perkuliahan.





5.3.2  Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.



5.4   Penelitian Tesis

5.4.1 Jelaskan sistem pembimbingan penelitian tesis pada program studi ini, mencakup informasi tentang: ketersediaan panduan, kebijakan pembimbingan, mekanisme penunjukan pembimbing  dan mahasiswa bimbingan, serta proses pembimbingannya. 






5.4.2  Tuliskan nama dosen pembimbing penelitian tesis dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya pada TS dengan mengikuti format tabel berikut: 

No
Nama Dosen Pembimbing Tesis
Pendidikan Tertinggi
Jabatan Akademik Dosen
Banyaknya Mahasiswa yang Dibimbing dan Status Pembimbing
Ketua
Anggota
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)






























Total






5.4.3  Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/tesis pada tiga tahun terakhir :  ... bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan ... semester).

5.5 Sistem Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran

Untuk setiap aspek pada subbutir 5.5.1 s.d. 5.5.4, uraikan (1) keberadaan standard operating procedure (SOP), (2) keberadaan dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana, dan (3) mekanisme monev.

5.5.1  Proses  penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan penelitian tesis






5.5.2  Proses penulisan tesis






5.5.3  Kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.









5.5.4  Ujian akhir studi magister.






5.6  Upaya Peningkatan Suasana Akademik
Berikan gambaran yang jelas mengenai upaya dan kegiatan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan PS, khususnya mengenai hal-hal berikut:

5.6.1     Uraikan kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa). Siapkan dokumen terkait.





5.6.2      Jelaskan ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana (laboratorium, ruang kerja mahasiswa, ruang seminar, perpustakaan, common room, prasarana olah raga dan seni, ibadah dll.), sarana (koleksi jurnal ilmiah dan buku, akses internet, fasilitas komputer,  fasilitas lab., sarana olah raga dan seni dll.) dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika





5.6.3      Jelaskan interaksi akademik berupa program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas,  untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).






5.6.4     Jelaskan upaya PS untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan dalam hal kepedulian terhadap lingkungan dan kemampuan untuk memberikan tanggapan dan solusinya.









5.1 KURIKULUM (KURIKULUM LAMA & BARU)

PENDAHULUAN
Berdasarkan Surat  Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia, No. 394/DIKTI/Kep/2001 telah mengizinkan Universitas Hasanuddin untuk menyelenggarakan program Magister (S2) Program Studi Teknik Sipil pada Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Lulusan dari Program Studi ini bergelar akademik Magister Teknik (MT). Adapun bidang keahlian yang diselenggarakan pada tahun ajaran 2003/2004 adalah terdiri atas 5 (lima) Konsentrasi sebagai berikut: (1) Teknik Keairan, (2) Teknik Sistem Transportasi, (3) Perancangan Teknik Prasarana, (4) Geoteknik (5) Teknik Struktur.

TUJUAN
Program Studi Teknik Sipil bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan, memecahkan permasalahan IPTEK dibidang Teknik Sipil dan keterkaitannya. Mengembangkan kinerja operasional serta menguasai metode analisis pemecahan masalah yang berdasarkan kaidah ilmiah dan penerapannya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

BEBAN DAN MASA STUDI
Beban studi program Teknik Sipil adalah 47 sks terdiri atas mata kuliah dasar, mata kuliah kemagisteran, mata kuliah pilihan, seminar dan tesis dan masa studi dijadwalkan 4 (empat) semester.

PESERTA PENDIDIKAN
Program studi ini terbuka bagi utusan-utusan:
  1. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah; Departemen Perhubungan; Departemen Dalam Negeri; Pemda Propinsi, Kotamadya dan Kabupaten.
  2. Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
  3. Perusahaan Daerah dan Swasta.
  4. Perorangan.

KURIKULUM

Konsentrasi Studi : Teknik Keairan
Mata Kuliah Dasar
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 501D113   Matematika Rekayasa 3 I
2. 502D113 Metode Numerik 3 I
3. 503D113   Analisa Sistem 3 I
4. 553D113 Irigasi Lanjut 3 II
5. 604D113 Simulasi Permodelan 3 III

Mata Kuliah Kemagisteran
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 504D113 Hidrologi Lanjut 3 I
2. 505D113 Hidraulika Lanjut 3 I
3. 551D113 Teknik Sungai Lanjut 3 II
4. 552D113 Teknik Pantai Lanjut 3 II
5. 601D113 Drainase Perkotaan 3 III
6. 602D113 Pengelolaan dan Kebijakan SDA 3 III
7. 651D112 Seminar 2 IV
8. 652D116 Tesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 554D113 Hidrodinamika Angk.Sedim. Sungai 3 II
2. 603D113 Hidrodinamika Pantai 3 III
3. 605D113 Aplikasi Komputer pada Keairan 3 III


Konsentrasi Studi : Teknik Sistem Transportasi  
Mata Kuliah Dasar
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 511D113 Metode Statistik & Probabilitas 3 I
2. 512D113 Teori & Analisa Jaringan 3 I
3. 514D113 Aplikasi Pemrograman Transportasi 3 I
4. 563D113 Ekonomi Transportasi 3 II
5. 564D113 Aspek Geo Teknik Konst.Jalan 3 II

Mata Kuliah Kemagisteran
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 513D113 Perencanaan dan Permodelan Transpor 3 I
2. 561D113 Rekayasa Lalu Lintas 3 II
3. 562D113 Rekayasa Jalur 3 II
4. 611D113 Perencanaan Konst.Jalan 3 III
5. 612D113 Pemodelan Transportasi Lanjut 3 III
6. 612D113 Metode Konst.Prasarana Transp. 3 III
7. 613D113 Analisa Kebutuhan Transportasi 3 III
8. 614D113 Sistem Angkutan Umum/Massal 3 III
9. 651D112 Seminar 2 IV
10. 652D116 Tesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 565D112 Perenc.Fasilitas Pelabuhan   2 II
2. 566D112 Perenc.Fasilitas Bandar Udara 2 II
3. 615D112 Rekayasa Terml.& Perpark. 2 III
4. 615D112 Evaluasi Proyek Transp. 2 III



Konsentrasi Studi : Teknik Struktur  
Mata Kuliah Dasar
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 521D113 Matematika Rekayasa 3 I
2. 522D113   Metode Numerik 3 I
3. 523D113 Analisa Struktur 3 I
4. 574D113 Teknologi Metode Elemen Hingga 3 II
5. 622D113    Rekayasa Gempa 3 III

Mata Kuliah Kemagisteran
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 524D113 Teknologi Bahan Lanjut 3 I
2. 571D113 Danamika Struktur 3 II
3. 572D113 Prilaku Struktur Baja 3 II
4. 573D113 Analisa Tegangan Eksperiman 3 II
5. 575D113 Prilaku Daktil Struktur Beton 3 II
6. 621D113 Perlindungan Struktur terhadap Kebakaran 3 III
7. 651D112 Seminar 2 IV
8. 652D116 Tesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 623D113 Studi Individual 3 III
2. 624D113 Aplikasi Komputer pada Struktur 3 III


Konsentrasi Studi : Perancangan Teknik Prasarana
Mata Kuliah Dasar
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 531D113 Probabilitas & Statistik Terapan 3 I
2. 532D113 Pengantar Perenc. Prasarana 3 I
3. 583D113 Manajemen Prasarana 3 II
4. 584D113 Ekonomi Prasarana 3 II

Mata Kuliah Kemagisteran
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 533D113   Perenc.Transp. Publik 3 I
2. 534D113 Perenc. Pras. Dasar Pemuk. 3 I
3. 581D113 Analisa Sistem Prasarana 3 II
4. 582D113 Perenc. Prasarana Keairan 3 II
5. 587D113 Studi Kelayakan Prasarana & Sarana 3 II
6. 631D113 Material Konst. 3 III
7. 632D113 Aspek Geoteknik Prasarana 3 III
8. 633D113 Pengelolaan Sumber Daya Air 3 III
9. 634D113 Perenc. Infrastruktur Berbasis SIG 3 III
10. 651D112 Seminar 2 IV
11. 652D116 Tesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 585D112 Aspek Hukum Prasarana 2 II
2. 586D112 Pemel.& Perb. Prasarana 2 II
3. 635D112 Tek. Sanitasi Lingkungan 2 III
4. 637D112 Perenc.Wily & Kota 2 III
5. 595D112 Perenc.& Tek.Transp. Perkotaan 2 III
6. 636D112  Analisa Damp. Lingk. Prasarana 2 III


Konsentrasi Studi : Geoteknik  
Mata Kuliah Dasar
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 541D113 Matematika Rekayasa Lanjut 3 I
2. 542D113 Metode Analitik & Geoteknik 3 I
3. 544D113 Metode Numerik dalam Geotek. 3 I
4. 592D113 Rekayasa Pondasi 3 II
5. 593D113 Mekanika Tanah Lanjut 3 II

Mata Kuliah Kemagisteran
No. Kode MK Mata Kuliah SKS Sm
1. 543D113 Dinamika Tanah 3 I
2. 591D113 Pengujian Tanah Lanjut & Interpretasinya 3 II
3. 594D113 Metode Perbaikan Tanah 3 II
4. 641D113 Teori Plastis & Model Konstitutif Tanah 3 III
5. 642D113 Rekayasa Galian Bawah Tanah & Terowongan 3 III
6. 643D113 Prinsip & Desain untuk Rekayasa Tanah 3 III
7. 644D113 Aspek Geoteknik Rekayasa Gempa 3 III
8. 645D113 Metode Elemen Hingga dalam Geoteknik 3 III
9. 651D112 Seminar 2 IV
10 652D116 Tesis 6 IV


5.1.1 DATA BORANG KHUSUS KURIKULUM


5.1.3 PENINJAUAN KURIKULUM


5.1.3-A LOKAKARYA KURIKULUM


5.1.3-B SAP (SATUAN ACARA PENGAJARAN) DOSEN SESUAI MATA KULIAH


5.2 PERSYARATAN MENGIKUTI PENDIDIKAN MAGISTER, PROSES PELAKSANAAN & PERSYARATAN KELULUSANNYA


5.2.4 CARA PENYAJIAN DAN PENILAIAN RENCANA TESIS


5.2.5 PERATURAN TENTANG KEWAJIBAN PENYAJIAN HASIL PENELITIAN TESIS DALAM SEMINAR (INTERNASIONAL, NASIONAL, WILAYAH, LOKAL PT) SERTA PELAKSANAAN & KENDALA YANG DIHADAPI


5.3.1 MEKANISME MONITORING PERKULIAHAN PRESENSI MAHASISWA & DOSEN


5.4. PENELITIAN TESIS


5.4.1 SISTEM PEMBIMBINGAN PENELITIAN TESIS PADA PROGRAM STUDI


5.4.2 DOSEN PEMBIMBING PENELITIAN TESIS & JUMLAH MAHASISWA


5.5 SISTEM MONITORING & EVALUASI (MONEV) PEMBELAJARAN


5.5.1 PROSES PENYUSUNAN USUL PENELITIAN & PELAKSANAAN PENELITIAN TESIS


5.6 UPAYA PENINGKATAN SUASANA AKADEMIK


5.6.1 KEBIJAKAN TTG SUASANA AKADEMIK


5.6.2 KETERSEDIAAN & KELENGKAPAN JENIS PRASARANA & SARANA


5.6.3 INTERAKSI AKADEMIK DI DALAM & DI LUAR PROSES PEMBELAJARAN


5.6.4 UPAYA PS UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU KECENDIKIAWANAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar