KURIKULUM, PEMBELAJARAN, & SUASANA AKADEMIK
5.1
Kurikulum
- Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
- Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
- Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
5.1.1 Kompetensi
Uraikan secara ringkas
kompetensi lulusan (kompetensi utama, kompetensi pendukung, kompetensi lainnya).
Catatan: Pengertian tentang
kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No.
045/U/2002.
5.1.2 Struktur Kurikulum
Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis,
setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).
5.1.2.1 Jelaskan struktur kurikulum (perkuliahan, tugas-tugas khusus, penelitian tesis, penulisan hasil penelitian tesis) serta keterkaitan di antaranya, serta lengkapi
tabel di bawah ini.
Tuliskan
struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester,
dengan mengikuti format tabel berikut:
Smt
|
Kode MK
|
Nama Mata Kuliah(1)
|
Bobot
SKS
|
SKS MK dalam Kurikulum
|
Kelengkapan(3)
|
Unit/ Jur/ Fak
Penyelenggara
|
|||
Inti(2)
|
Insti-tusional
|
Deskripsi
|
Silabus
|
SAP
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
I
|
|||||||||
II
|
|||||||||
Dst
|
|||||||||
Total SKS
|
(1) Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata
kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan
yang dilaksanakan dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)
(2) Menurut
rujukan peer group / Kepmendiknas
045/U/2002 (ps. 3 ayat 2e)
(3) Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi
dengan deskripsi, silabus, dan atau SAP. Sediakan dokumen pada saat asesmen lapangan.
5.1.2.2
Tuliskan mata kuliah pilihan yang
dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:
Semester
|
Kode
MK
|
Nama
MK (pilihan)
|
Bobot
SKS
|
Unit/
Jur/ Fak Pengelola
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(6)
|
Total SKS
|
5.1.3 Peninjauan Kurikulum dalam Lima Tahun
Terakhir
Jelaskan mekanisme peninjauan kurikulum dan
pihak-pihak yang dilibatkan dalam
proses peninjauan tersebut.
Tuliskan hasil peninjauan kurikulum mengikuti
format tabel berikut.
No.
|
No. MK
|
Nama MK
|
MK
Baru/
Lama/Hapus
|
Perubahan pada
|
Alasan Peninjauan
|
Atas Usulan/ Masukan dari
|
Berlaku Mulai Sem./Th.
|
|
Silabus/SAP
|
Buku Ajar
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
5.2 Persyaratan Mengikuti Pendidikan Magister, Proses
Pelaksanaan dan Persyaratan Kelulusannya.
5.2.1
Jelaskan
persyaratan mukim (residency requirement),
pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.
5.2.2
Jelaskan
persyaratan penguasaan bahasa Inggris. Untuk penguasaan bahasa Inggris
digunakan standar TOEFL.
5.2.3
Jelaskan persyaratan perkuliahan dan
ujian mata kuliah yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam
bidangnya. Berikan pula penjelasan tentang
pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.
5.2.4
Jelaskan cara
penyajian dan penilaian rencana penelitian tesis.
5.2.5
Jelaskan peraturan
tentang kewajiban penyajian hasil penelitian tesis dalam seminar
(internasional, nasional, wilayah, lokal PT) serta pelaksanaan dan kendala yang
dihadapi.
5.2.6
Jelaskan sistem
penjaminan mutu tesis, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.
5.2.7 Jelaskan peraturan tentang keanggotaan tim penguji dalam
ujian akhir studi magister, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.
5.3 Pelaksanaan Proses
pembelajaran
Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan
perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya.
Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai
strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis
bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.
Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan
memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa),
penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.
5.3.1 Mekanisme Monitoring Perkuliahan
Jelaskan mekanisme untuk memonitor perkuliahan, antara lain kehadiran
dosen dan mahasiswa, serta materi perkuliahan.
5.3.2
Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah
keahlian berikut silabusnya.
5.4 Penelitian Tesis
5.4.1 Jelaskan sistem
pembimbingan penelitian tesis pada program studi ini, mencakup informasi
tentang: ketersediaan panduan, kebijakan pembimbingan, mekanisme penunjukan
pembimbing dan mahasiswa bimbingan,
serta proses pembimbingannya.
5.4.2 Tuliskan nama dosen pembimbing penelitian tesis
dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya pada TS dengan mengikuti format tabel
berikut:
No
|
Nama Dosen Pembimbing Tesis
|
Pendidikan Tertinggi
|
Jabatan Akademik Dosen
|
Banyaknya Mahasiswa yang
Dibimbing dan Status Pembimbing
|
|
Ketua
|
Anggota
|
||||
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
|
5.4.3 Rata-rata
lama penyelesaian tugas akhir/tesis pada tiga tahun terakhir : ... bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir
direncanakan ... semester).
5.5 Sistem Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran
Untuk
setiap aspek pada subbutir 5.5.1 s.d. 5.5.4, uraikan (1) keberadaan standard operating procedure (SOP), (2) keberadaan
dan keefektifan lembaga/komisi pelaksana, dan (3) mekanisme monev.
5.5.1 Proses penyusunan usul penelitian dan pelaksanaan
penelitian tesis
5.5.2 Proses penulisan tesis
5.5.3 Kelayakan dosen dalam proses pembimbingan.
5.5.4 Ujian
akhir studi magister.
5.6 Upaya Peningkatan Suasana Akademik
Berikan gambaran yang jelas mengenai upaya dan kegiatan untuk menciptakan
suasana akademik yang kondusif di lingkungan PS, khususnya mengenai hal-hal
berikut:
5.6.1 Uraikan kebijakan
tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan
mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa). Siapkan dokumen terkait.
5.6.2 Jelaskan ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana (laboratorium, ruang
kerja mahasiswa, ruang seminar, perpustakaan, common room, prasarana olah raga dan seni, ibadah dll.), sarana
(koleksi jurnal ilmiah dan buku, akses internet, fasilitas komputer, fasilitas lab., sarana olah raga dan seni
dll.) dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas
akademika
5.6.3 Jelaskan interaksi akademik berupa program dan kegiatan di dalam dan di
luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar
kelas, untuk menciptakan suasana
akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku,
penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu
dosen-mahasiswa-alumni).
5.6.4 Jelaskan upaya PS untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan dalam hal
kepedulian terhadap lingkungan dan kemampuan untuk memberikan tanggapan dan
solusinya.
5.1 KURIKULUM (KURIKULUM LAMA & BARU)
PENDAHULUAN
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia, No. 394/DIKTI/Kep/2001 telah mengizinkan Universitas Hasanuddin untuk menyelenggarakan program Magister (S2) Program Studi Teknik Sipil pada Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Lulusan dari Program Studi ini bergelar akademik Magister Teknik (MT). Adapun bidang keahlian yang diselenggarakan pada tahun ajaran 2003/2004 adalah terdiri atas 5 (lima) Konsentrasi sebagai berikut: (1) Teknik Keairan, (2) Teknik Sistem Transportasi, (3) Perancangan Teknik Prasarana, (4) Geoteknik (5) Teknik Struktur.
TUJUAN
Program Studi Teknik Sipil bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan, memecahkan permasalahan IPTEK dibidang Teknik Sipil dan keterkaitannya. Mengembangkan kinerja operasional serta menguasai metode analisis pemecahan masalah yang berdasarkan kaidah ilmiah dan penerapannya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
BEBAN DAN MASA STUDI
Beban studi program Teknik Sipil adalah 47 sks terdiri atas mata kuliah dasar, mata kuliah kemagisteran, mata kuliah pilihan, seminar dan tesis dan masa studi dijadwalkan 4 (empat) semester.
PESERTA PENDIDIKAN
Program studi ini terbuka bagi utusan-utusan:
KURIKULUM
Konsentrasi Studi : Teknik Keairan
Mata Kuliah Dasar
Mata Kuliah Kemagisteran
Mata Kuliah Pilihan
Konsentrasi Studi : Teknik Sistem Transportasi
Mata Kuliah Dasar
Mata Kuliah Kemagisteran
Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
Konsentrasi Studi : Teknik Struktur
Mata Kuliah Dasar
Mata Kuliah Kemagisteran
Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
Konsentrasi Studi : Perancangan Teknik Prasarana
Mata Kuliah Dasar
Mata Kuliah Kemagisteran
Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
Konsentrasi Studi : Geoteknik
Mata Kuliah Dasar
Mata Kuliah Kemagisteran
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia, No. 394/DIKTI/Kep/2001 telah mengizinkan Universitas Hasanuddin untuk menyelenggarakan program Magister (S2) Program Studi Teknik Sipil pada Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Lulusan dari Program Studi ini bergelar akademik Magister Teknik (MT). Adapun bidang keahlian yang diselenggarakan pada tahun ajaran 2003/2004 adalah terdiri atas 5 (lima) Konsentrasi sebagai berikut: (1) Teknik Keairan, (2) Teknik Sistem Transportasi, (3) Perancangan Teknik Prasarana, (4) Geoteknik (5) Teknik Struktur.
TUJUAN
Program Studi Teknik Sipil bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan, memecahkan permasalahan IPTEK dibidang Teknik Sipil dan keterkaitannya. Mengembangkan kinerja operasional serta menguasai metode analisis pemecahan masalah yang berdasarkan kaidah ilmiah dan penerapannya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
BEBAN DAN MASA STUDI
Beban studi program Teknik Sipil adalah 47 sks terdiri atas mata kuliah dasar, mata kuliah kemagisteran, mata kuliah pilihan, seminar dan tesis dan masa studi dijadwalkan 4 (empat) semester.
PESERTA PENDIDIKAN
Program studi ini terbuka bagi utusan-utusan:
- Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah; Departemen Perhubungan; Departemen Dalam Negeri; Pemda Propinsi, Kotamadya dan Kabupaten.
- Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
- Perusahaan Daerah dan Swasta.
- Perorangan.
KURIKULUM
Konsentrasi Studi : Teknik Keairan
Mata Kuliah Dasar
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 501D113 | Matematika Rekayasa | 3 | I |
2. | 502D113 | Metode Numerik | 3 | I |
3. | 503D113 | Analisa Sistem | 3 | I |
4. | 553D113 | Irigasi Lanjut | 3 | II |
5. | 604D113 | Simulasi Permodelan | 3 | III |
Mata Kuliah Kemagisteran
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 504D113 | Hidrologi Lanjut | 3 | I |
2. | 505D113 | Hidraulika Lanjut | 3 | I |
3. | 551D113 | Teknik Sungai Lanjut | 3 | II |
4. | 552D113 | Teknik Pantai Lanjut | 3 | II |
5. | 601D113 | Drainase Perkotaan | 3 | III |
6. | 602D113 | Pengelolaan dan Kebijakan SDA | 3 | III |
7. | 651D112 | Seminar | 2 | IV |
8. | 652D116 | Tesis | 6 | IV |
Mata Kuliah Pilihan
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 554D113 | Hidrodinamika Angk.Sedim. Sungai | 3 | II |
2. | 603D113 | Hidrodinamika Pantai | 3 | III |
3. | 605D113 | Aplikasi Komputer pada Keairan | 3 | III |
Konsentrasi Studi : Teknik Sistem Transportasi
Mata Kuliah Dasar
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 511D113 | Metode Statistik & Probabilitas | 3 | I |
2. | 512D113 | Teori & Analisa Jaringan | 3 | I |
3. | 514D113 | Aplikasi Pemrograman Transportasi | 3 | I |
4. | 563D113 | Ekonomi Transportasi | 3 | II |
5. | 564D113 | Aspek Geo Teknik Konst.Jalan | 3 | II |
Mata Kuliah Kemagisteran
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 513D113 | Perencanaan dan Permodelan Transpor | 3 | I |
2. | 561D113 | Rekayasa Lalu Lintas | 3 | II |
3. | 562D113 | Rekayasa Jalur | 3 | II |
4. | 611D113 | Perencanaan Konst.Jalan | 3 | III |
5. | 612D113 | Pemodelan Transportasi Lanjut | 3 | III |
6. | 612D113 | Metode Konst.Prasarana Transp. | 3 | III |
7. | 613D113 | Analisa Kebutuhan Transportasi | 3 | III |
8. | 614D113 | Sistem Angkutan Umum/Massal | 3 | III |
9. | 651D112 | Seminar | 2 | IV |
10. | 652D116 | Tesis | 6 | IV |
Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 565D112 | Perenc.Fasilitas Pelabuhan | 2 | II |
2. | 566D112 | Perenc.Fasilitas Bandar Udara | 2 | II |
3. | 615D112 | Rekayasa Terml.& Perpark. | 2 | III |
4. | 615D112 | Evaluasi Proyek Transp. | 2 | III |
Konsentrasi Studi : Teknik Struktur
Mata Kuliah Dasar
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 521D113 | Matematika Rekayasa | 3 | I |
2. | 522D113 | Metode Numerik | 3 | I |
3. | 523D113 | Analisa Struktur | 3 | I |
4. | 574D113 | Teknologi Metode Elemen Hingga | 3 | II |
5. | 622D113 | Rekayasa Gempa | 3 | III |
Mata Kuliah Kemagisteran
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 524D113 | Teknologi Bahan Lanjut | 3 | I |
2. | 571D113 | Danamika Struktur | 3 | II |
3. | 572D113 | Prilaku Struktur Baja | 3 | II |
4. | 573D113 | Analisa Tegangan Eksperiman | 3 | II |
5. | 575D113 | Prilaku Daktil Struktur Beton | 3 | II |
6. | 621D113 | Perlindungan Struktur terhadap Kebakaran | 3 | III |
7. | 651D112 | Seminar | 2 | IV |
8. | 652D116 | Tesis | 6 | IV |
Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 623D113 | Studi Individual | 3 | III |
2. | 624D113 | Aplikasi Komputer pada Struktur | 3 | III |
Konsentrasi Studi : Perancangan Teknik Prasarana
Mata Kuliah Dasar
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 531D113 | Probabilitas & Statistik Terapan | 3 | I |
2. | 532D113 | Pengantar Perenc. Prasarana | 3 | I |
3. | 583D113 | Manajemen Prasarana | 3 | II |
4. | 584D113 | Ekonomi Prasarana | 3 | II |
Mata Kuliah Kemagisteran
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 533D113 | Perenc.Transp. Publik | 3 | I |
2. | 534D113 | Perenc. Pras. Dasar Pemuk. | 3 | I |
3. | 581D113 | Analisa Sistem Prasarana | 3 | II |
4. | 582D113 | Perenc. Prasarana Keairan | 3 | II |
5. | 587D113 | Studi Kelayakan Prasarana & Sarana | 3 | II |
6. | 631D113 | Material Konst. | 3 | III |
7. | 632D113 | Aspek Geoteknik Prasarana | 3 | III |
8. | 633D113 | Pengelolaan Sumber Daya Air | 3 | III |
9. | 634D113 | Perenc. Infrastruktur Berbasis SIG | 3 | III |
10. | 651D112 | Seminar | 2 | IV |
11. | 652D116 | Tesis | 6 | IV |
Mata Kuliah Pilihan/Lain-Lain
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 585D112 | Aspek Hukum Prasarana | 2 | II |
2. | 586D112 | Pemel.& Perb. Prasarana | 2 | II |
3. | 635D112 | Tek. Sanitasi Lingkungan | 2 | III |
4. | 637D112 | Perenc.Wily & Kota | 2 | III |
5. | 595D112 | Perenc.& Tek.Transp. Perkotaan | 2 | III |
6. | 636D112 | Analisa Damp. Lingk. Prasarana | 2 | III |
Konsentrasi Studi : Geoteknik
Mata Kuliah Dasar
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 541D113 | Matematika Rekayasa Lanjut | 3 | I |
2. | 542D113 | Metode Analitik & Geoteknik | 3 | I |
3. | 544D113 | Metode Numerik dalam Geotek. | 3 | I |
4. | 592D113 | Rekayasa Pondasi | 3 | II |
5. | 593D113 | Mekanika Tanah Lanjut | 3 | II |
Mata Kuliah Kemagisteran
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Sm |
1. | 543D113 | Dinamika Tanah | 3 | I |
2. | 591D113 | Pengujian Tanah Lanjut & Interpretasinya | 3 | II |
3. | 594D113 | Metode Perbaikan Tanah | 3 | II |
4. | 641D113 | Teori Plastis & Model Konstitutif Tanah | 3 | III |
5. | 642D113 | Rekayasa Galian Bawah Tanah & Terowongan | 3 | III |
6. | 643D113 | Prinsip & Desain untuk Rekayasa Tanah | 3 | III |
7. | 644D113 | Aspek Geoteknik Rekayasa Gempa | 3 | III |
8. | 645D113 | Metode Elemen Hingga dalam Geoteknik | 3 | III |
9. | 651D112 | Seminar | 2 | IV |
10 | 652D116 | Tesis | 6 | IV |
5.1.1 DATA BORANG KHUSUS KURIKULUM
5.1.3 PENINJAUAN KURIKULUM
5.1.3-A LOKAKARYA KURIKULUM
5.1.3-B SAP (SATUAN ACARA PENGAJARAN) DOSEN SESUAI MATA KULIAH
5.2 PERSYARATAN MENGIKUTI PENDIDIKAN MAGISTER, PROSES PELAKSANAAN & PERSYARATAN KELULUSANNYA
5.2.4 CARA PENYAJIAN DAN PENILAIAN RENCANA TESIS
5.2.5 PERATURAN TENTANG KEWAJIBAN PENYAJIAN HASIL PENELITIAN TESIS DALAM SEMINAR (INTERNASIONAL, NASIONAL, WILAYAH, LOKAL PT) SERTA PELAKSANAAN & KENDALA YANG DIHADAPI
5.3.1 MEKANISME MONITORING PERKULIAHAN PRESENSI MAHASISWA & DOSEN
5.4. PENELITIAN TESIS
5.4.1 SISTEM PEMBIMBINGAN PENELITIAN TESIS PADA PROGRAM STUDI
5.4.2 DOSEN PEMBIMBING PENELITIAN TESIS & JUMLAH MAHASISWA
5.5 SISTEM MONITORING & EVALUASI (MONEV) PEMBELAJARAN
5.5.1 PROSES PENYUSUNAN USUL PENELITIAN & PELAKSANAAN PENELITIAN TESIS
5.6 UPAYA PENINGKATAN SUASANA AKADEMIK
5.6.1 KEBIJAKAN TTG SUASANA AKADEMIK
5.6.2 KETERSEDIAAN & KELENGKAPAN JENIS PRASARANA & SARANA
5.6.3 INTERAKSI AKADEMIK DI DALAM & DI LUAR PROSES PEMBELAJARAN
5.6.4 UPAYA PS UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU KECENDIKIAWANAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar